Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Minimalis supaya Kesan area Lebih Lega

Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Minimalis supaya Kesan area Lebih Lega

Menata tempat tinggal minimalis punyai tantangan tersendiri. Lahan dan ruang yang terbatas memicu kami mesti memutar otak supaya tempat tinggal nampak rapi, terkesan lapang dan selalu menarik.
Pemilihan furnitur pun menjadi faktor perlu sementara menata tempat tinggal minimalis. Salah-salah, tempat tinggal menjadi terkesan sempit, berantakan dan sumpek.

Bagaimana pilih furnitur yang pas untuk tempat tinggal minimalis? Menurut buku ‘Ide Penataan: Interior Rumah Mungil Simpel Minimalis’, pilihan dan penempatan furnitur sebaiknya difokuskan terhadap pertimbangan fungsional teak furniture indonesia .

Misalnya saja kecuali ingin menempatkan meja atau kursi, mesti terlalu dipertimbangkan, apakah keberadaan furnitur selanjutnya perlu di dalam ruangan? Jika nantinya cuma sebagai elemen dekoratif maka sebaiknya dipertimbangkan ulang untuk membelinya atau tidak.

Baca juga: 10 Ide Desain area Tamu Minimalis, Nyaman dengan Sentuhan Modern
Ini lebih dari satu faktor yang mesti diperhatikan sementara menata furnitur untuk tempat tinggal minimalis yang mungil:

1. Bentuk Geometri
Tiga penulis buku yaitu Devi Arisza, Wendi Konafi dan Nia Noorrahmah merekomendasikan supaya kamu pilih furnitur bentuk geometri tanpa ornamen rumit. Furnitur yang sederhana dan dirancang cocok faedah dapat memberi kesan bersih dan mempertegas ruang yang lapang.

2. Kesesuaian Tema Warna teak outdoor furniture
Sesuaikan warna furnitur dengan tema warna ruangan. Tidak mesti sama juga sama, namun usahakan paletnya senada dan tidak ‘bertabrakan’ yang dapat memicu ruangan nampak makin ‘menyusut’.

“Kehadiran furnitur bisa dijadikan elemen harmonis yang tampil senada dengan elemen interior lainnya, atau justru tampil kontras sebagai aksen untuk mempercantik tampilan interior,” panduan penulis di dalam bukunya.

Baca juga: 7 Desain Dapur Rumah Minimalis yang Tren di 2021

3. Furnitur Multifungsi
Saat ini kami banyak mendapati furnitur bergaya Skandinavia yang dirancang multifungsi. Satu furnitur bisa difungsikan untuk lebih dari satu kebutuhan. Furnitur seperti ini bisa menjadi alternatif di dalam menata tempat tinggal minimalis untuk menghemat ruang.

“Misalnya dengan menggunakan anggota bawah kursi sebagai daerah penyimpanan, atau merancang sofa yang bisa dijadikan daerah tidur atau sofabed,” jelasnya.

4. Lemari atau Rak Sebagai Partisi
Sekat terhadap tempat tinggal minimalis tidak mesti dibangun secara permanen. Kamu bisa menggunakan lemari buku, rak pajangan apalagi cermin yang dipasang vertikal sebagai partisi ruangan.

“Bagaimanapun bentuknya, tampilan partisi diupayakan terkesan enteng dan tidak solid supaya ke-2 ruang yang disekat selalu mulai berhubungan.”

Demikian tips pilih furnitur untuk tempat tinggal minimalis. Setiap pemilihan bisa disesuaikan bergantung selera dan tema ruangan yang ingin dihadirkan supaya mendapatkan nuansa estetik dan nyaman sekaligus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *