Jaga Kesehatan Kulit Anda

Melindungi Diri Luar Anda

sedalam kulit; apa yang ada di “dalam” yang diperhitungkan. Bagian dalam kita memang penting, tetapi kulit adalah lapisan pertahanan pertama Anda melawan dunia luar. Kulit juga dapat memberikan petunjuk penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Belajarlah untuk merawat kulit Anda dengan baik, sehingga kulit Anda dapat terus merawat Anda dengan baik. 

Dilangsir dari skincaresehat, kulit melindungi tubuh Anda dengan banyak cara. “Kulit memberikan penghalang untuk melindungi tubuh dari invasi bakteri dan bahaya lingkungan lain yang mungkin berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata dokter kulit NIH Dr. Heidi Kong.

Kulit juga memainkan peran lain. Ini berisi ujung saraf yang memungkinkan Anda merasakan ketika suatu benda terlalu panas atau tajam, sehingga Anda dapat dengan cepat menarik diri. Kelenjar keringat dan pembuluh darah kecil di kulit Anda membantu mengontrol suhu tubuh Anda. Dan sel-sel di kulit Anda mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang.

Kulit juga dapat mengingatkan Anda akan masalah kesehatan. Ruam merah dan gatal mungkin menandakan alergi atau infeksi, dan ruam merah “kupu-kupu” di wajah Anda mungkin merupakan tanda lupus. Warna kuning mungkin mengindikasikan penyakit hati. Dan tahi lalat yang gelap atau tidak biasa mungkin merupakan tanda peringatan kanker kulit. Waspadai perubahan tak terduga pada kulit Anda, dan bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran.

Kulit Anda bisa menjadi terlalu kering jika Anda tidak minum cukup cairan atau menghabiskan terlalu banyak waktu dalam kondisi cerah atau kering. “Meskipun mencuci tangan penting untuk kebersihan yang baik, mencuci tangan terlalu banyak juga dapat menyebabkan kulit kering,” kata Kong, terutama jika Anda mencuci dengan air panas dan sabun yang keras. Untuk merawat kulit kering, gunakan krim atau losion pelembab, dan gunakan air hangat sebagai pengganti air panas saat mandi dan mencuci tangan. Anda juga dapat mencoba menggunakan pelembab udara untuk membuat udara di rumah Anda tidak terlalu kering.

Sinar matahari juga dapat merusak kulit Anda. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang menyebabkan kulit terbakar dan membuat kulit Anda menua lebih cepat, menyebabkan lebih banyak kerutan seiring bertambahnya usia. “Ada hubungan kuat antara paparan sinar UV dan kanker kulit,” tambah Kong. Jadi lindungi kulit Anda dari sinar matahari. Kenakan topi dan pakaian pelindung lainnya, gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30, dan batasi waktu Anda di bawah sinar matahari pada pagi dan sore hari, saat sinar matahari paling kuat.

Banyak peneliti kulit seperti Kong sedang mempelajari mikrobioma kulit bakteri dan organisme mikroskopis lain yang hidup di kulit Anda. Beberapa mikroba ini dapat membantu. Bukti menunjukkan bahwa mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan membantu Anda tetap sehat. “Tetapi ada beberapa penyakit kulit yang diketahui berhubungan dengan mikroba tertentu,” kata Kong. “Kami mencoba memahami bagaimana mikroba itu berbeda antara orang sehat dan orang dengan penyakit kulit.” Dalam jangka panjang, para ilmuwan ingin menemukan cara untuk mendukung mikroba kulit yang sehat sekaligus mengurangi mikroba yang berbahaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *