Tips Menulis Artikel Berita

Mengerjakan pekerjaan rumah dan melakukan beberapa persiapan adalah kunci untuk menulis artikel berita yang efektif.

1. Cari cerita terbaik hari ini. Pergilah ke sana dan pelajari apa yang terjadi di sekitar Anda. Ada banyak cerita yang dapat Anda liput dalam sehari, tetapi saya sarankan Anda memusatkan perhatian pada cerita yang sangat menarik bagi pembaca Anda. Jika Anda menulis untuk broadsheets, saya sarankan Anda fokus pada berita-berita yang menarik. Tulislah berita-berita terkini Berita Pekanbaru Terkini di dunia bisnis atau berita-berita terkini tentang perekonomian dan pemerintahan. Jika Anda menulis untuk tabloid, Anda bisa fokus pada cerita yang tidak terlalu serius seperti laporan polisi dan hiburan.

2. Teliti cerita pilihan Anda. Sebelum Anda mulai menulis, pastikan Anda meneliti cerita yang Anda pilih secara menyeluruh. Tidak seperti ketika Anda menulis artikel untuk web, Anda perlu mewawancarai orang-orang yang telah menyaksikan atau yang terlibat langsung dalam situasi tersebut. Dapatkan informasi sebanyak mungkin dan pastikan Anda tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat.

3. Verifikasi data Anda. Sebagai seorang jurnalis, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa semua yang Anda masukkan ke dalam artikel berita Anda berdasarkan fakta. Referensi silang semua sumber daya Anda sebelum Anda mulai menulis.

4. Buat garis besar. Cari tahu bagaimana Anda dapat menyajikan data Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat membuat audiens Anda ingin membacanya. Buat kerangka yang berisi setiap informasi yang perlu Anda sertakan dalam artikel Anda. Pastikan Anda menyajikan informasi terbaik dan paling menarik di awal.

Inilah kebenarannya; tidak terlalu sulit untuk membuat artikel berita yang akan menjadi headline. Selama Anda memiliki keterampilan menulis yang dibutuhkan dan selama Anda mengikuti formula kemenangan ini, tidak ada keraguan bahwa Anda akan dapat membuat artikel yang menarik untuk surat kabar dalam waktu singkat:

1. Mulai artikel Anda dengan menggunakan headline pembunuh; jenis tajuk utama yang akan membuat audiens target Anda ingin membaca artikel berita Anda secara keseluruhan. Karena editor Anda pasti ingin menghemat ruang, akan sangat membantu jika Anda membuat tajuk berita yang relatif singkat dan langsung ke intinya. Beri tahu calon pembaca Anda tentang isi konten Anda dengan menggunakan kata-kata sesedikit mungkin.

2. Tulis paragraf utama Anda. Ingatlah bahwa keberhasilan artikel berita Anda akan sangat bergantung pada paragraf utama Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa itu menarik dan akan membantu Anda mempromosikan bacaan lebih lanjut. Paragraf ini harus berisi semua poin penting yang perlu diketahui pembaca untuk memahami keseluruhan cerita Anda. Ini juga merupakan bagian di mana Anda menjawab semua kemungkinan pertanyaan mereka.

3. Buat pembaca Anda tertarik dengan mengisi paragraf berikutnya dengan detail pendukung dan kutipan dari orang-orang yang terlibat langsung dalam cerita yang Anda liput. Pastikan Anda mengomunikasikan informasi yang Anda miliki sesingkat mungkin. Ingat, orang-orang ini tidak punya waktu untuk disia-siakan, jadi beri mereka apa yang mereka cari secepatnya.

4. Periksa artikel Anda. Pastikan Anda mengeja semuanya dengan benar, terutama tempat dan nama orang-orang yang terlibat dalam cerita Anda. Juga, pastikan bahwa semua informasi yang Anda miliki adalah faktual sebelum Anda mengirimkan artikel Anda untuk publikasi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *